Iklan

Category 4

Tutorial Photoshop membuat pop art simple

Azis Grafis
Kamis, 15 Desember 2016, 10:32 WIB Last Updated 2016-12-15T03:32:30Z

Tutorial kali ini saya akan mempertihatkan bagaimana cara membuat jenis gambar pop art yang simple menggunakan Photoshop :


Hasil akhir

Tahap 1
Buka Photoshop anda dan masukkan gambar yang ingin anda gunakan kesebuah dokumen baru. Inilah gambar yang saya gunakan :

Disini saya ingin memotong sedikit bagian gambar yang tidak saya sukai untuk mendapatkan gambar yang pas untuk pop art menggunakan Crop Tool :
Tahap 2
Sekarang kita akan memisahkan background dengan objek. Pertama , Pilih Quick Selection Tool pada toolbox dan buatlah seleksi pada seluruh bagian objek atau model :

Setelah mendapatkan seleksi tadi, cukup tekan Ctrl+J (Win) atau Command+J (Mac) untuk membuat sebuah layer baru dari seleksi tadi dan sembunyikan layer gambar asli karena kita sudah tidak memerlukannya lagi :
Tahap 3

Karena background untuk gambar pop art kita masih kosong , sekarang kita akan memberi wara untuk mengisi background. Pertama, buatlah sebuah layer baru dibawah layer tadi, kemudian ubah warna Foreground dengan warna yang anda inginkan karena warna ini akan kita gunakan untuk background. Disini saya menggunakan warna yang tidak terlalu cerah dan tidak terlalu gelap :

Pilih Brush Tool pada toolbox dengan brush yang agak besar, dan langsung warnai background anda :

Karena pada bagian rambut dari objek yang saya punya disini masih tersisa sedikit bagian gambar dari background asli maka saya ingin memperbaikinya sedikit. Pilih layer objek, kemudian pilih Eraser Tool lalu atur ukuran tool anda sesuai kebutuhan dan cukup hapus bagian yang tidak diinginkan. Disini saya sengaja menggunakan cara biasa untuk menghilangkan bagian-bagian tertentu. Sebenarnya banyak cara yang lebih baik hasilnya namun saya kira itu tidaklah terlalu penting untuk tutorial kali ini :
Tahap 4

Sekarang kita akan mulai mengubah warna dari objek yang kita punya. Klik ikon Adjsutment Layer pada bagian bawah palette Layers dan pilih Brightness/Contrast. Setelah mendapatkan layer tersebut, disini saya mengatur Brightness menjadi 9 dan Contrast menjadi 27 . sebelumnya pastikan anda mencentang Use Legacy :

Supaya efek warna hanya bekerja pada objek tanpa mempengaruhi warna background , klik kanan pada layer Brightness/Contrast dan pilih Create Clipping Mask. Sekarang gambar yang saya punya disini memiliki terlihat lebih cerah :
 
Selanjutnya untuk efek warna yang kedua yaitu Threshold. Klik ikon Adjustment layer dan pilih threshold. Setelah Threshold berada di Layers, jangan lupa untuk menerapkan Clipping Mask seperti sebelumnya dan atur Threshold sesuai kualitas gambar anda. Pastikan bibir, hidung dan mata terlihat jelas :

Tahap 5
Sekarang saya ingin memperbaiki beberapa bagian pada gambar yang kurang saya sukai. Buatlah sebuah layer baru diatas layer adjustment :
Karena gambar yang saya miliki disini memiliki beberapa bercak putih pada bagian rambut yag menurut saya itu kurang bagus , maka saya ingin memperbaiki bagian tersebut. Ubah warna Foreground menjadi hitam, lalu pilih Brush Tool dengan ukuran kecil sesuai kebutuhan dan cukup warnai daerah rambut yang memiliki bercak putih. Cukup lakukan ini pada bagian rambutnya saja :
Tahap Terakhir
Sekarang kita akan memberi warna pada bagian yang belum diberi warna. Kita mulai dengan bagian wajah dan bagian kulit yang terlihat. Pertama buatlah sebuah layer baru, kemudian ubah warna Foreground anda sesuai keinginan , tapi saya sarankan untuk menggunakan warna yang tidak jauh berbeda dengan warna kulit :

Pilih Brush Tool dan brush pada bagian yang diinginkan. Anda tidak perlu terlalu detail dalam melakukan brush, cukup pastikan semua bagian yang ingin anda beri warna terkena brush :

Setelah itu, cukup ubah blend mode menjadi Multiply dan semua warna brush pada bagian hitam akan menghilang karena jika anda menerpkan multiply pada daerah hitam , maka warna apapun itu akan tetap terlihat hitam :

Sekarang kita akan membuat pakaian. Ubah warna Foreground sesuai keingina anda :

Buatlah sebuah layer baru, pilih brush tool dan lakukan brush pada bagian pakaian yang belum terkena brush sebelumnya :

Dan inilahhasil akhirnya :
Tutorial Photoshop membuat pop art simple

Terima kasih atas partisipasinya , kolom komentar selalu terbuka untuk kalian.

Sumber : http://sidimageenation.blogspot.co.id/2014/03/cara-membuat-pop-art-simple-dengan.html

Komentar

Tampilkan

Terkini

printer

+